Integrasi Penuh dengan WhatsApp dan WhatsApp for Business

Tahukah Anda kalau orang Indonesia itu hobi chatting? Lalu, Whatsapp adalah aplikasi pesan instan nomor satu di Nusantara ini. Nah, solusi 3Dolphins SRM (Social CRM) kini sudah terintegrasi penuh dengan WhatsApp for Business. Maksudnya terintegrasi penuh adalah sekarang baik komponen Chatbot maupun Omni-Channel Contact Center dari 3Dolphins bisa nyambung dengan aplikasi IM (Instant Messaging) favorit orang Indonesia ini.

Sebelumnya komponen Omni-Channel dari 3Dolphins SRM sudah lama terintegrasi dengan WhatsApp. Melalui integrasi ini, petugas contact center bisa langsung melayani customer melalui WhatsApp pribadinya. Tidak perlu pindah ke platform lain. Sudah ada fasilitas pendukung contact center seperti Ticket Management yang membantu pelayanan ini.

Manfaatnya bagi bisnis

Integrasi dengan WhatsApp for Business artinya komunikasi dan pelayanan dengan customer bisa dilakukan melalui  akun resmi bisnis atau milik korporasi. How cool is that! 

Bagi bisnis, ini juga artinya bisnis bisa membangun Chatbot pintar yang merepresentasikan brand dari bisnis tersebut. 

Solusi chatbot dari 3Dolphins dibangun berbasiskan AI (Artificial Intelligence) dengan segala kemampuannya seperti Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning. Pendekatan ini memungkinkan bisnis memiliki Chatbot yang lebih luwes, sesuai karakter orang Indonesia yang gemar chatting, sambil mempertahankan fungsi utamanya melayani customer. Simak post sebelumnya mengenai fitur Pending Intent.

WhatsApp, Favorit orang Indonesia

Seperti kita ketahui bahwa customer sekarang ini memiliki preferensi platform komunikasi yang berbeda-beda. Hal ini wajar karena pilihannya juga kian hari semakin banyak di pasar aplikasi. Bisnis yang mengoperasikan contact center modern harus bisa mengakomodasi keragaman preferensi tersebut, minimal di platform yang lagi ngetren, seperti WhatsApp ini. Kalau tidak, investasi di contact center tersebut menjadi kurang maksimal. 

Integrasi penuh dengan WhatsApp ini penting, survei  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru-baru ini mengungkapkan hal tersebut. Berdasarkan survei itu,  WhatsApp adalah aplikasi pesan instan pilihan pertama di kelompok usia 20-29 tahun. Millenials! Sebanyak 65,1% responden di kelompok usia itu memakai WhatsApp.

Laporan lain dari lembaga riset pemasaran digital ComScore menyebutkan pada 2017 WhatsApp sebagai aplikasi mobile paling populer di Indonesia setelah Google Play. Menurut lembaga yang terpilih menjadi standar pengukuran audience digital Indonesia tersebut, pengguna WhatsApp di Tanah Air mencapai lebih dari 38,5 juta!

Basis pengguna (dan customer) yang tentunya tidak ingin Anda lewatkan. 

One Reply to “Integrasi Penuh dengan WhatsApp dan WhatsApp for Business”

Comments are closed.