Pending Intent, dialog chatbot lebih luwes tapi tetap terarah.

Setiap orang pasti punya maksud tertentu ketika berinteraksi dengan chatbot, apakah itu untuk booking servis di bengkel, membeli barang di toko online, atau blokir  kartu kredit. Namun seringkali ketika percakapan dengan chatbot berlangsung, orang tadi mengubah arah pembicaraan. Dia memulai topik baru yang sama sekali berbeda dengan maksud awal berbicara dengan chatbot. Perilaku orang seperti ini manusiawi sih dan chatbot yang cerdas harus bisa menggiring percakapan kembali ke maksud awal orang tersebut berinteraksi dengan chatbot.


Ilustrasi dialog chatbot dengan fitur Pending Intent. Chatbot akan mengingatkan kembali intent (maksud) awal dari pengguna.

Untuk itulah kami merilis fitur baru “Pending Intent” dalam solusi 3Dolphins Social CRM yang fungsinya membuat komponen chatbot bisa mengembalikan percakapan ke tujuan semula. Melalui fitur ini, chatbot bisa lebih luwes dalam berinteraksi. Chatbot dapat melayani aneka percakapan dari orang tersebut namun tetap bisa menyelesaikan maksud awal dari percakapan. Tanpa fitur ini, chatbot akan stuck dengan pernyataan yang sama, berulang-ulang, hingga orang tadi menjawab sesuai apa yang diprogramkan ke dalam chatbot. Ini tentunya bisa membuat kesal, dan alih-alih menyelesaikan tujuannya, orang tadi malah kabur.

Ada banyak manfaat dari Pending Intent ini. Selain customer experience yang lebih baik, bisnis bisa meningkatkan retention rate dari interaksi orang dengan chatbot. Conversion Rate yang datang dari percakapan dengan chatbot juga bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Fitur Pending Intent akan semakin penting jika salah satu metric yang diukur adalah stickiness orang dengan chatbot Anda. Pastikan fitur Pending Intent ini menjadi salah satu kriteria ketika Anda mempertimbangkan chatbot. 

Fitur Pending Intent ini bisa dibuat karena pendekatan chatbot kami yang berbasis Artificial Intelligence (AI) dan dilengkapi dengan Natural Language Processing (NLP). Chatbot yang dibuat dengan pendekatan rule-based tentunya tidak bisa menerapkan Pending Intent yang bisa membuatnya menjadi lebih luwes. Perbedaan antara chatbot berbasis NLP dan Rule-Based akan kami paparkan dalam artikel terpisah ya.

3Dolphins adalah solusi Social CRM + Chatbot terintegrasi kelas enterprise dari InMotion. Bank Mandiri adalah salah satu bank yang menggunakan solusi 3Dolphins.